Jumat, 01 Januari 2010

JARINGAN

Jaringan dibedakan berdasarkan jumlah pemakai yang dilayani. Teknologi berperan penting karena ada batasan fisik untuk jarak antar-komputer berdasarkan medium komunikasi yang digunakan. Agar tergabung kesuatu jaringan, tiap peralatan tiap computer, printer, atau peralatan serupa harus disambungkan kemedium komunikasi melalui suatu network interface card.

Network Interface Card (NIC) berperan sebagai perantara antara data yang bergerak dari computer atau peralatan lain dan jaringan. NIC lebih dari sekedar buffer untuk memungkinkan penyimpanan data, NIC juga menerjemahkan informasi dari paket-paket untuk menentukan apakah data tersebut harus ditangkap atau harus dibiarkan melewati medium komunikasi.

Macam-macam Jaringan :

1. Jaringan Setempat (Local Area Network)
Jaringan setempat (Local Area Network) atau LAN, adalah sekumpulan computer dan peralatan lain (seperti printer) yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama. LAN umumnya menghubungkan computer-komputer yang dekat secara fisik, misalnya diruang atau gedung yang sama. Jumlah computer dan peralatan lain yang dapat dihubungkan ke satu LAN terbatas. Batasan tersebut bervariasi, tergantung medium yang menghubungkan computer tersebut dan perangkat lunak LAN yang digunakan.
Sebagai patokan umum, LAN hanya mencakup jarak total sekitar setengah mil saja. Jarak antara komputer-komputer yang dihubungkan oleh medium komunikasi tersebut umumnya paling sedikit 60 sentimeter dan tidak lebih dari 18 meter. Saat ini kecepatan transmisi data melalui LAN umumnya sekitar 10 juta bit per detik hingga 100 juta bit per detik. LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi, LAN tidak mentransfer data melalui system telepon public.

2. Jaringan Metropolitan (Metropolitan Area Network)
Jaringan Metropolitan atau MAN adalah jaringan dengan area yang cukup luas untuk mencakup suatu kota secara keseluruhan atau beberapa kota kecil yang berdekatan. Jarak fisiknya sekitar 30 mil. MAN muncul ketika kebutuhan untuk menghubungkan beberapa computer melampaui batas jarak LAN. MAN menggunakan topologi LAN dan beberapa protocol yang berkaitan dengan jarinngan luas. Seperti LAN, MAN tidak menggunakan system telepon public untuk transfer data. MAN yang umum mentransfer data dengan kecepatan 100Mbps karena medium komunikasi yang biasa digunakan adalah serat optic.

3. Jaringan Luas (Wide Area Network)
Jaringan Luas (Wide Area Network) atau WAN, digunakan untuk menghubungkan berbagai computer dan peralatan lain bila jaraknya melampaui batasan LAN dan MAN. System telepon public, atau common carrier, digunakan untuk jaringan luas. Kelemahan utama penggunaan system telepon public adalah penurunan kecepatan transmisi. Kecepatan yang terbatas ini disebabkan oleh protocol untuk peralatan telepon. Sebagian besar data saat ini ditransmisikan melalui system telepon public dengan kecepatan antara 9.600 bit per detik sampai 1 Mbps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar