Jumat, 01 Januari 2010

JoikuSpot Light 2.3 "Satu Aplikasi Banyak Koneksi"

Selama ini handphone sering digunakan sebagai modem internet Laptop atau PC karena sangat praktis digunakan. Selain itu teknologi data bearer handphone dan operator penyedia layanan seluler sudah maju, beberapa menawarkan teknologi 3G dan HSDPA. Belum lagi isu harga yang lebih murah dan biayanya yang bisa kita atur sendiri sesuai pemakian.

Tapi bagi beberapa orang ini belum cukup. Yang namanya modem hanya bisa melayani satu koneksi saja, satu handphone (sebagai modem) untuk satu Notebook atau PC. Ide dasarnya, kalau handphone bisa jadi modem pastinya handphone juga bisa jadi alat koneksi nirkabel internet lain, seperti router WiFi. Dengan perkembangan handphone saat ini, ide handphone router WiFi bukan hal mustahil.

Adalah aplikasi Symbian bernama JoikuSpot Light buatan Joikusoft Oy yang berhasil mewujudkan ide itu. Sebenarnya bukan cuma JoikuSpot Light saja, ada banyak aplikasi lain yang bisa mengubah handphone kita menjadi router, tapi aplikasi ini merupakan salah satu yang paling bagus. Dan kabar baiknya adalah JoikuSpot Light merupakan freeware alias gratis…tisss…tiss. Asyik khan!!!!

JoikuSpot Light 2.3 adalah update paling baru. Fitur-fiturnya sangat lengkap, mulai dari fitur WEP encryption, network auto searching, device autosearching dan penghemat baterai. Cara kerjanya cukup sederhana, setelah di aktifkan handphone yang sudah di install, JoikuSpot Light akan membagi koneksi internetnya melalui WiFi. Koneksi internet yang dibagi dengan perangkat lain adalah jaringan internet operator sesuai SimCard anda.

Tapi namanya juga router ‘jadi-jadian’, tidak berarti bisa kita samakan dengan kemampuan router asli. Masalah koneksi internet misalnya, JoikuSpot Light hanya mendukung teknologi 3G. terus dalam satu sesi JoikuSpot Light cuma bisa menampung maksimal 5 koneksi untuk handphone dan 2 untuk Laptop atau PC. Beberapa aplikasi seperti Microsoft Outlook, GoogleTalk dan Skypy, tidak bisa berjalan optimal. Oya, aplikasi ini hanya untuk handphone teman-teman yang memiliki system operasi Symbian 9.1 S60 third edition yang mempunyai fasilitas 3G dan WiFi saja Lho….!! Untuk teman-teman yang menginginkan aplikasi ini, dapat di download di www.joikuspot.com.
Selamat Mencoba….!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar