Minggu, 03 Januari 2010

Pengertian Akuntansi

Pengertian dan Informasi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu system informasi, berdasarkan mana pihak-pihak yang berkepentingan dalam usaha mengambil keputusan. Informasi sebagai hasil dari akuntansi dibutuhkan oleh banyak pihak, baik intern maupun ekstern. Golongan yang paling banyak tertarik untuk mengetahui informasi keuangan antara lain adalah manajemen, pemegang saham, pegawai, debitur dan kreditur, bank, pemerintah, dan pihak lainnya.

Akuntansi merupakan seni pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta penginterpretasian hasil pencatatan tersebut.

Para pemakai informasi akuntansi ini mempunyai kepentingan yang berlainan, bahkan mungkin sekali bertentangan antara yang satu dengan yang lain. Informasi akuntansi ini akan bermanfaat bagi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Akuntansi yang diterima masyarakat harus dipegang teguh, agar informasi yang dihasilkan tidak menyesatkan.

Pada umumnya akuntansi diartikan sebagai seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta penginterpretasian hasil dari pencatatan tersebut. Secara lebih teknis, akuntansi merupakan kumpulan prosedur-prosedur untuk mencatat, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan, transaksi-transaksi yang telah dilaksanakan perusahaan dan akhirnya menginterpretasikan laporan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar