Sabtu, 02 Januari 2010

Metodologi Siklus Hidup Sistem

Siklus Hidup Sistem

Metodologi adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan suatu hal. Pendekatan system adalah metodologi dasar untuk memecahkan masalah. Siklus hidup system (system life cycle-SLC) adalah penerapan pendekatan system untuk pengembangan system atau subsistem informasi berbasis computer. SLC terdiri dari serangkaian tugas yang erat mengikuti langkah-langkah pendekatan system. Karena tugas-tugas tersebut mengikuti suatu pola yang teratur dan dilakukan secara top-down. SLC sering disebut sebagai pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan system.

Tahap-tahap Siklus Hidup

Siklus hidup system terdiri dari lima tahap, empat tahap yang pertama adalah perencanaan, analisis, rancangan, dan penerapan. Empat tahap ini dimaksudkan bagi pengembangannya. Sedangkan pada tahap kelima dimaksudkan untuk penggunaannya. Semua tahap dapat melibatkan pemakai, dapat pula melibatkan spesialis informasi jika end-user computing diikuti sepenuhnya. Kegiatan siklus hidup system, baik bagi pemakai maupun spesialis informasi dikelola dari beberapa sudut pandang dalam perusahaan. Eksekutif menetapkan kebijakan dan membuat rencana yang mengatur pemakaian computer. Pada tingkat yang sedikit lebih rendah, suatu komite khusus yang disebut dengan komite pengarah SIM (MIS steering committee) dapat mengelola seluruh siklus hidup dalam perusahaan. Ketika tiap siklus hidup melalui tahap pengembangannya, para pemimpin proyek mengawasi para anggota tim.

Pengelolaan Siklus Hidup

Siklus hidup system yang pertama dikelola oleh manajer unit jasa informasi, Dibantu oleh manajer dari analisis system, pemrograman dan operasi. Di banyak perusahaan, tanggung jawab masih berada pada tingkat ini. Namun, kecenderungan saat ini juga meletakkan tanggung jawab pada tingkat yang lebih tinggi dan lebih rendah. Sekarang, manajemen siklus hidup system mungkin saja terentang melewati beberapa tingkat organisasional dan melibatkan manajer di luar jasa informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar